Kamis, 13 September 2018





MEDIA PROMOSI KESEHATAN 

Pengertian Media Promosi Kesehatan
promosi kesehatan sebuah ilmu yang memepelajari bagaimana menggunakan media komunikasi untuk menyampaikan pesan kesehatan kepada masyarakat luas .

Tujuan penggunaan media dalam menyampaikan informasi
1.      Sebagai alat bantu dan pendidikan
2.      Untuk menimbulkan suatu perhatian terhadap suatu permasalahan.
3.      Untuk mengingatkan suatu pesan.
4.      Untuk menjelaskan fakta-fakta, prosedur atau tindakan 

Manfaat media dalam penyampaian informasi diantaranya yaitu: 
1)      Menimbulkan minat sasaran
2)      Mencapai sasaran yang lebih banyak
3)      Merangsang sasaran untuk meneruskan informasi 
4)      Mempermudah penyampaian dan penerimaan  informasi  

Tipe-tipe media yang sering digunakan dalam promosi kesehatan yaitu
a)      Print Material ( Pamflet, leaflet, dan poster)
b)      Audiovisual Aid ( Videotape, film, sliders, transparasi dan lain-lain)
c)      Programmed and Computered Assitend Intruction
d)     Mass Media ( Radio, televisi, surat kabar dan majalah)

Media promosi kesehatan yang baik adalah media yang mampu memberikan informasi atau pesan-pesan kesehatan yang sesuai dengan tingkat penerimaan sasaran, sehingga sasaran mengerti dan mampu untuk mengubah perilaku sesuai dengan pesan yang disampaikan. Pemilihan media yang digunakan dalam upaya promosi kesehatan perlu memperhatikan beberapa hal sebagai berikut diantaranya yaitu :
·        Berdasarkan tujuan yang ingin dicapai
Perencanaan dan pemilihan media promosi kesehatan ditentukan sebagian besar oleh tujuan yang ingin dicapai. Karena dalam setiap informasi yang disampaikan mempunyai tujuan yang berbeda, maka media yang digunakan untuk penyampaian informasi itu berbeda pula. Media yang digunakan untuk meningkatkan pengetahuan akan berbeda dengan media yang digunakan untuk meningkatkan keterampilan atau tindakan.  
Contoh, jika tujuan dari suatu kegiatan tersebut yaitu untuk meningkatkan pengetahuan terhadap suatu masalah kesehatan sehingga lebih banyak berisi pesan kesehatan, maka media yang lebih cocok digunakan yaitu leaflets, brosur atau poster, sedangkan jika kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan keterampilan, maka media yang lebih cocok digunakan yaitu video atau benda asli yang digunakan pada saat demonstrasi.
·        Berdasarkan target sasaran
Dalam menyampaikan informasi kesehatan, target sasaran sangat mempengaruhi media yang akan digunakan. Media yang digunakan harus memberikan dampak yang menjangkau khalayak sasaran dengan tingkat frekuensi, efektivitas dan kredibilitas yang tinggi. Kelompok sasaran, baik dalam tingkat individu, kelompok atau masyarakat luas akan menggunakan media promosi kesehatan yang berbeda pula karena akan di sesuaikan dengan tingkat keefektivannya dalam menyampaikan informasi.
Selain itu kelompok umur pada target sasaran juga menentukan dalam pemilihan media promosi kesehatan yang akan digunakan. Karena media yang digunakan untuk menyampaikan pesan pada anak-anak akan berbeda dengan kelompok remaja, dewasa maupun kelompok lansia.
·         Biaya yang tersedia
Pemilihan media yang digunakan dalam promosi kesehatan juga ditentukan oleh biaya yang tersedia.






9 komentar:

  1. Wow sangaat inspiratif.. Widya emang pinter

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Sangat bermanfaat dan bisa menambah wawasan dalam hal media promosi kesehatan

    BalasHapus
  4. Sangat bermanfaat dan bisa menambah wawasan dalam hal media promosi kesehatan

    BalasHapus
  5. Sangat bermanfaat, semangat terus nulis ya gek. Karena kesehatan harus terus disosialisasikan, dan semoga indonesia semakin mau untuk mencegah datipada mengmengobati hehehe

    BalasHapus
  6. Blognya menarik.. Media yang paling baik menurut umur sasarannya gimana ya gek?

    BalasHapus
  7. Ini sangat membantu, terima kasih ya👍🏻

    BalasHapus

MEDIA PROMOSI KESEHATAN  Pengertian Media Promosi Kesehatan promosi kesehatan sebuah ilmu yang memepelajari bagaimana mengg...