Pengertian Media Promosi Kesehatan
promosi kesehatan sebuah ilmu yang memepelajari bagaimana menggunakan media
komunikasi untuk menyampaikan pesan kesehatan kepada masyarakat luas .
Tujuan
penggunaan media dalam menyampaikan informasi
1. Sebagai
alat bantu dan pendidikan
2. Untuk
menimbulkan suatu perhatian terhadap suatu permasalahan.
3. Untuk
mengingatkan suatu pesan.
4. Untuk
menjelaskan fakta-fakta, prosedur atau tindakan
Manfaat
media dalam penyampaian informasi diantaranya yaitu:
1) Menimbulkan
minat sasaran
2) Mencapai
sasaran yang lebih banyak
3) Merangsang
sasaran untuk meneruskan informasi
4) Mempermudah
penyampaian dan penerimaan informasi
Tipe-tipe
media yang sering digunakan dalam promosi kesehatan yaitu
a) Print
Material ( Pamflet, leaflet, dan poster)
b) Audiovisual
Aid ( Videotape, film, sliders, transparasi dan lain-lain)
c) Programmed and Computered Assitend Intruction
d) Mass
Media ( Radio, televisi, surat kabar dan majalah)
Media promosi kesehatan yang baik adalah media yang mampu memberikan
informasi atau pesan-pesan kesehatan yang sesuai dengan tingkat penerimaan
sasaran, sehingga sasaran mengerti dan mampu untuk mengubah perilaku sesuai
dengan pesan yang disampaikan. Pemilihan media yang digunakan dalam upaya
promosi kesehatan perlu memperhatikan beberapa hal sebagai berikut diantaranya
yaitu :
· Berdasarkan tujuan yang
ingin dicapai
Perencanaan dan
pemilihan media promosi kesehatan ditentukan sebagian besar oleh tujuan yang
ingin dicapai. Karena dalam setiap informasi yang disampaikan mempunyai tujuan
yang berbeda, maka media yang digunakan untuk penyampaian informasi itu berbeda
pula. Media yang digunakan untuk meningkatkan pengetahuan akan berbeda dengan
media yang digunakan untuk meningkatkan keterampilan atau tindakan.
Contoh, jika tujuan dari
suatu kegiatan tersebut yaitu untuk meningkatkan pengetahuan terhadap suatu
masalah kesehatan sehingga lebih banyak berisi pesan kesehatan, maka media yang
lebih cocok digunakan yaitu leaflets, brosur atau poster, sedangkan jika
kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan keterampilan, maka media yang
lebih cocok digunakan yaitu video atau benda asli yang digunakan pada saat
demonstrasi.
· Berdasarkan target
sasaran
Dalam menyampaikan
informasi kesehatan, target sasaran sangat mempengaruhi media yang akan digunakan.
Media yang digunakan harus memberikan dampak yang menjangkau khalayak sasaran
dengan tingkat frekuensi, efektivitas dan kredibilitas yang tinggi. Kelompok
sasaran, baik dalam tingkat individu, kelompok atau masyarakat luas akan
menggunakan media promosi kesehatan yang berbeda pula karena akan di sesuaikan
dengan tingkat keefektivannya dalam menyampaikan informasi.
Selain itu kelompok umur
pada target sasaran juga menentukan dalam pemilihan media promosi kesehatan
yang akan digunakan. Karena media yang digunakan untuk menyampaikan pesan pada
anak-anak akan berbeda dengan kelompok remaja, dewasa maupun kelompok lansia.
· Biaya yang tersedia
Pemilihan media yang
digunakan dalam promosi kesehatan juga ditentukan oleh biaya yang tersedia.
Wow sangaat inspiratif.. Widya emang pinter
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusinformasinya sangat bermanfaat
BalasHapusSangat bermanfaat dan bisa menambah wawasan dalam hal media promosi kesehatan
BalasHapusSangat bermanfaat dan bisa menambah wawasan dalam hal media promosi kesehatan
BalasHapusSangat bermanfaat, semangat terus nulis ya gek. Karena kesehatan harus terus disosialisasikan, dan semoga indonesia semakin mau untuk mencegah datipada mengmengobati hehehe
BalasHapusBlognya menarik.. Media yang paling baik menurut umur sasarannya gimana ya gek?
BalasHapusIni sangat membantu, terima kasih ya👍🏻
BalasHapusMantap ini
BalasHapus